Welcome to our website. MGMP BAHASA INGGRIS WILAYAH TIMUR KABUPATEN JOMBANG

Forum MGMP Bahasa Inggris Wilayah Timur ini adalah perwujudan kepedulian kita dalam usaha meningkatkan usaha keras untuk mewujudkan manusia Indonesia yang berdaya saing dan secara yakin menatap ke depan untuk membangkitkan GENERASI EMAS Indonesia. Dan dengan bangkitnya generasi-generasi Emas anak bangsa akan terciptalah insan cendikia bangsa Indonesia yang beriman, memiliki kekuatan moral dalam menghadapi tantangan dan perkembangan jaman serta kemajuan teknologi yang berpengaruh positif ataupun memiliki dampak negatif, siap bersaing dalam situasi dan kondisi apapun, bersikap bijaksana dan tauladan, dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi serta cinta tanah air.
Forum MGMP Bahasa Inggris Wilayah Timur ini adalah tekad kita bersama dan dikelola penuh rasa kebersamaan dengan semangat belajar, berbagi, dan iklhas dalam bekerja karena semata-mata hanya mengharapkan RIDHO ALLOH. Dan terbentuknya MGMP Bahasa Inggris Korwil Timur ini berlatar belakang semangat untuk membangkitkan generasi anak bangsa yang lebih kompetitif dan mau belajar menguasai bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris dengan tujuan akhir penguasaan teknologi global menuju era penuh persaingan dan tantangan.

MAKAM MBAH SAYID SULAIMAN

MGMP BAHASA INGGRIS WILAYAH TIMUR - KESAMBEN, PETERONGAN, SUMOBITO DAN MOJOAGUNG

JOMBANG BERIMAN

MENGGALANG KEBERSAMAAN DALAM MGMP BAHASA INGGRIS WILAYAH TIMUR UNTUK MENCIPTAKAN GENERASI EMAS BANGSA

KEBERSAMAAN DALAM PERBEDAAN ADALAH MENUMBUH KEMBANGKAN SEMANGAT SALING MENGHARGAI DALAM BERPENDAPAT

MGMP BAHASA INGGRIS WILAYAH TIMUR BERTEKAD UNTUK MENCIPTA GENERASI EMAS BANGSA YANG JUJUR, TANGGUH, BERDAYA JUANG DAN NASIONALIS SEJATI

PRESTASI JOMBANG, PRESTASI BERSAMA

SEMANGAT BERBAGI DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS MAMPU MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS BERBAHASA INGGRIS SISWA-SISWI KABUPATEN JOMBANG, KHUSUSNYA WILAYAH KESAMBEN, PETERONGAN, SUMOBITO DAN MOJOAGUNG

MGMP BAHASA INGGRIS WILAYAH TIMUR KABUPATEN JOMBANG

BERKOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR UNTUK MEWUJUDKAN VISI DAN MISI YANG SAMA DEMI SUKSESNYA TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

MGMP BAHASA INGGRIS WILAYAH TIMUR KABUPATEN JOMBANG

STEP FORWARD TO BETTER STEPS IN ENGLISH LEARNING ACTIVITIES

PERLUKAH KREASI DALAM PEMBELAJARAN?

Inovasi pembelajaran merupakan suatau metode yang dihasilkan baik melalui invensi maupun diskoveri untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka dalam pembelajaranpun selalu mengalami inovasi, tentunya inovasi ini merupakan inovasi yang bersifat positif dalam dunia pendidikan. Anak bukan objek pendidikan, tetapi anak adalah subjek pendidikan. Karena itu, anak harus diberikan suatu lingkungan yang menjadikan anak tersebut bisa berkembang dengan luar biasa. Ada banyak sekali konsep pembelajaran yang diterapkan khususnya di Indonesia. Dari berbagai konsep tersebut memang tidak ada yang salah dalam pembelajaran. Biasanya yang terjadi kekeliruan adalah pada saat prakteknya. Banyak pengajar yang mempraktekkan sesuka dirinya sehingga jika dikatakan seorang pengajar itu hanya menggunakan satu konsep, itu merupakan pernyataan yang salah. Banyak para pengajar yang menggunakan kombinasi berbagai konsep. Hal ini agar menunjang pembelajaran yang baik dan agar bisa di mengerti oleh siswanya dengan baik. Ketika seorang pengajar menggunakan konsep terdiri hanya satu itupun sebenarnya tidak salah, karena banyak sekali pengajar yang mengajar dengan konsep sama tetapi terjadi perbedaan di teknik-teknik pembelajarannya. Maka haruslah dimengerti untuk konsep ini bebas dilakukan oleh pengajar apakah memilih satu atau dua konsep.
Pembelajaran konstekstual  adalah salah satu konsep yang dipandang sebagai strategi yang memenuhi prinsip pembelajaran. Konsep pembelajaran yang konstekstual ini merupakan pembelajaran aktif antara guru dan siswa. Dimana antara guru dan siswa memiliki peran sendiri-sendiri namun satu sama lain selalu berkaitan.guru dituntut untuk memiliki strategi, metode, dan teknik tersendiri yang tentunya memiliki tujuan untuk membuat para peserta didik menjadi kritis, kreatif, dan problem solver atau dengan kata lain berkembang secara maksimal. Seorang pendidik perlu menyediakan lingkungan yang benar untuk mengeksplore seluruh potensi kreatifnya, memberikan stimulasi pada anak sehingga terjadi proses pembelajaran yang berpusat pada anak. Stimulasi dapat diberikan dengan cara memberikan kesempatan pada anak untuk menjadi kreatif. Biarkan anak dengan bebas melakukan, memegang, menggambar, membentuk, ataupun membuat dengan caranya sendiri dan menguraikan pengalamannya sendiri. Bebaskan daya kreatif anak dengan membiarkan anak menuangkan imajinasinya. Ketika anak mengembangkan keterampilan kreatif, maka anak tersebut juga dapat menghasilkan ide-ide yang inovatif dan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah serta meningkatkan kemampuan dalam mengingat sesuatu. Suatu cara yang mampu menghidupkan kreativitas anak adalah dengan membebaskan anak menuangkan pikirannya.
Contohnya saja sebelum memulai pelajaran pendidik dapat menawarkan terlebih dahulu lingkungan belajar seperti apa yang peserta didik inginkan, mungkin bisa dengan merubah posisi tempat duduk, menggunakan ruanagan lain, mengatur suasana kelas sesuka hati anak, atau mungkin dengan belajar di luar ruangan baik diterapkan untuk pembelajaran lingkungan. Pendidik harus bisa sekreatif mungkin membuat lingkungan belajar yang nyaman bagi peserta didik. Kemudian dalam berlangsungnya proses belajar, pendidik harus bisa menggunakan metode yang sesuai dan bervariasi, jangan menggunakan metode yang monoton, karena metode yang monoton akan membuat bosan dan tidak menarik bagi peserta didik. Para siswa didik perlu lebih banyak diajak untuk berdiskusi, berinteraksi, dan berdialog sehingga mereka mampu mengkonsep sendiri, bukan dengan cara diceramahi. Para murid juga perlu dibiasakan untuk berbeda pendapat sehingga mereka menjadi sosok yang cerdas dan kritis. Tentu saja, secara demokratis. Seorang guru perlu memberikan penguatan-penguatan sehingga tidak terjadi salah konsep yang akan berbenturan dengan nilai-nilai kebenaran itu sendiri. Melalui suasana pembelajaran yang kondusif dengan memberikan kesempatan kepada siswa didik untuk bebas berpendapat dan bercurah pikir, guru akan lebih mudah dalam menyemaikan nilai-nilai luhur hakiki. Pendidik dapat menggunakan media yang semenarik mungkin, seperti gambar dengan warna-warna menarik, video, alat peraga, dan lain-lain. Selain itu pendidik juga harus dapat mensiasati apabila anak mulai merasa jenuh, bosan, dan tidak tertarik pada materi yang disampaikan, pendidik dapat menyisipkan permainan dalam kegiatan belajar, agar anak dapat segar kembali dan bisa menjadi lebih fokus dalam belajar.. Dengan cara demikian, peran guru sebagai agen perubahan diharapkan bisa terimplementasikan dengan baik. Penerapan konsep seperti ini sesuai untuk digunakan pembelajaran di sekolah dasar, terutama pada kelas rendah.
Pada intinya suatu pembelajaran bertujuan memaksimalakan perkembangan subjek pendidikan yaitu peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut yang perlu dilakukan adalah berkreasi sedemikian rupa dalam proses pembelajaran, mulai dari strategi, metode, teknik dan juga lingkungan. Kreasi ini dilakukan baik dari pendidik maupunpun peserta didik, sehingga terjadi suasana yang kondusif dalam pembelajaran. (REWRITTEN BY KHITDHYS===FROM WORO ESTININGTYAS)